Kota Baru Tangerang Tengah Resmi Deklarasi?

0
2

9NEWS- Masyarakat yang tergabung dalam Badan Pembentukan Kota Baru Tangerang Tengah (BPP-KTT), yakni Kecamatan, Cisauk, Pagedangan, Legok, Kelapa Dua dan Curug, resmi mendeklarasikan diri untuk membentuk DOB Tangerang Tengah, yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Aria Wangsakara, Desa Lengkong, Kecamatan Pagedangan. Minggu (21/11/2021).

Ketua BPP-KTT, Nurdin HM Satibi mengatakan, masyarakat sudah lama menginginkan berpisah dengan induknya Kabupaten Tangerang, namun baru kali ini dideklarasikan.

“Banyak hal yang menjadi dasar pertimbangan Tangerang Tengah di deklarasikan menjadi Daerah Otonomi Baru, baik dari aspek ekonomi, sosial dan juga luasan wilayah,” kata Nurdin.

Nurdin mengungkapkan Tangerang Tengah sudah sangat cukup memenuhi syarat untuk dilakukan pemekaran menjadi kota baru, karena memiliki sumberdaya manusia dan sumber daya ekonomi yang sangat mumpuni.

“Tangerang Tengah mempunyai central bisnis yang berkelas internasional yang berada di kawasan Lippo dan Gading Serpong, sehingga kami yakin akan membawa manfaat yang sangat besar bagi masyarakat nantinya,” ujarnya.

Sementara, Ketua Karang Taruna Kecamatan Pagedangan, Rizal Muhtar mengatakan, pada dasarnya pihaknya mendukung dan merespon dengan baik terkait pemekaran untuk Daerah Otonom Baru (DOB) yakni, Kota Tangerang Tengah, sepanjang kaidah dan persyaratanya bisa di penuhi.

“Banyak pertimbangan yang juga harus diperhatikan, mengenai aspek ekonomi, misalkan, aspek potensi sumberdaya manusia dan alamnya mungkin. Intinya kami merespon ini dengan baik, semoga deklarasi ini menjadi pijakan awal kita untnk kedepan mengantarkan lahirnya kota baru Tangerang Tengah sampai finish,” ujar Rijal.

“Dengan lahirnya kota baru ini akan banyak peluang dan manfaat yang lebih baik untuk kemajuan masyarakatnya,” sambungnya.

Setelah deklarasi tadi, lanjut Rijal, tentu Karang Taruna Pagedangan akan melakukan banyak hal, terutama melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan rekan-rekan di 5 kecamatan yang tadi ada dalam forum deklarasi, baik itu dari rekan-rekan pergerakan, aktivis dan semua elemen yang ada di 5 kecamatan tersebut.

“Pertama, kita akan coba konsolidasi dan koordinasi secara intensif dengan OKP, Ormas dan Karang Taruna. Kedua, kita akan melakukan kajian-kajian terkait dengan pemekaran kota baru atau daerah otonomi baru, dengan kajian-kajian ilmiah, hukum, potensi dan lainnya, dan yang ketiga, kami tetap akan menyuarakan ini ke teman-teman yang ada di Dewan atau DPRD Kabupaten Tangerang, supaya ini kemudian bisa disuarakan terus oleh anggota dewan sehingga ada respon yang baik dari Pemerintahan Daerah,” tutup Rijal.

Untuk diketahui, beberapa tokoh penting yang ada di Kabupaten Tangerang hadir dalam Deklarasi tersebut, diantaranya Akmaludin Nugraha (Anggota DPRD Kabupaten Tangerang), H Supriyadi (Anggota DPRD Kabupaten Tangerang), KH Baiquni Yasin (tokoh Agama), Imran Patiraja, H Uton, Muhtar Hidayat, Mukhaer Pakana, Hermanto, dan para tokoh yang lainnya. (RED)


BAGIKAN BERITA :