PP Pertina dan Siwo Pusat Godok Sarung Tinju Emas

0
52

9NEWS – Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Pusat berencana untuk menggelar Sarung Tinju Emas.

Ajang tersebut terakhir digelar pada 2017 di Bogor. Setelah itu STE mati suri. Padahal, pada masa keemasannya, STE yang digelar Siwo PWI selalu menjadi patokan untuk menghasilkan petinju amatir terbaik nasional.

Maka itu, pada tahun ini, Siwo PWI Pusat ingin menggelarnya kembali. Mereka pun melakukan audiensi dengan Ketua Umum PP Pertina, Komaruddin Simanjuntak, di Kantor PP Pertina di Jakarta, Jumat (12/3/2021) pagi.

Dalam kesempatan itu, Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa, beserta Sekjen SIWO PWI Pusat, Suryansyah, memaparkan rencana kegiatan itu akan dibuat seperti apa.

Berdasarkan paparan tersebut, Sarung Tinju Emas Siwo PWI akan mempertandingkan 17 kelas. Rencananya, akan digelar di Banjarmasin (Kalimantan Selatan) atau Maluku Utara tahun lalu.

Sebenarnya kami ingin menggelarnya pada tahun lalu di Banjarmasin, tapi karena ada pandemi Covid-19 kami menundanya. Saat ini, Maluku Utara juga menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah event ini,” ucap Gungde Ariwangsa.

Tak ayal, kegiatan ini disambut baik oleh PP Pertina. Bahkan, Komaruddin mendukung penuh dan menuturkan ajang ini bisa saja menjadi kualifikasi untuk salah satu program PP Pertina yaitu Piala Presiden.

Rencananya, PP Pertina ingin menggelar Piala Presiden pada Desember 2021. Mereka pun ingin mengundang petinju dari negara lain.

Jadi, juara dari Sarung Tinju Emas bisa menjadi wakil Indonesia di Piala Presiden nanti. Saya juga menyarankan, Sarung Tinju Emas digelar mulai dari regional dulu yaitu Barat, Tengah, dan Timur. Para juara dari masing-masing regional itu, akan bertanding di putaran final nasional,” Komaruddin menjelaskan.

Lebih lanjut, ia pun menyadari masih kurangnya kompetisi maupun kejuaraan tinju amatir di Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir.

Maka itu, kalau ada kerja sama seperti ini kami sangat senang sekali. Bahkan kalau bisa, setiap satu atau dua bulan antara PP Pertina dan SIWO PWI bisa bekerja sama untuk buat kejuaraan tinju kecil-kecilan saja tapi rutin, dan bisa disiarkan televisi misalnya,” ucap mantan Pangdam IX/ Udayana itu. (NDI)


BAGIKAN BERITA :